Mitos Teh Talua Pendompleng Tenaga Bagi Kaum Pria

Thursday, November 7, 2019 : 14:20

0 Comments

Teh taluah Minangkabau
Teh taluah Minangkabau

MakanLamak.com - Teh telur atau lebih populernya teh talua salah satu minuman khas di Ranah Minang. Menjadi sajian menarik setiap mampir di warung minuman.

Teh talua juga disajikan dalam pelbagai bentuk yang unik. Salah satunya teh talua empat tingkat di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Teh talua balenggek orang menyebutnya
Teh talua balenggek ini terdapat di warung nelayan di Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan. Daerah yang berada di ujung selatan wilayah Sumatera Barat dengan pemandangan pantai yang indah.

Si In, pembuat teh taluah mengatakan, teh talua miliknya sudah cukup populer di kalangan nelayan dan masyarakat setempat. Kepopuleran teh taluanya itu karena disajikan dengan empat tingkat.

Bahan yang digunakan Si In untuk membuat teh talua hampir sama. Yakni telur itik atau ayam kampung, teh, gula pasir dan susu.

Namun, yang membedakannya itu trik dalam membuatnya. Telur kuning dikocok dan dicampur dengan sedikit gula pasir hingga mengeluarkan buih dan berwarna kuning pucat.


"Setelah selesai dikocok. Dibiarkan sejenak telur hingga mengendap sesaat dibagian bawah gelas. Lalu masukan susu putih, kembali dibiarkan sesaat hingga mengendap lagi," ujarnya kepada langkan.id mitra Kumparan.com

Untuk menghasilkan teh taluah empat tingkat, ia harus berhati-hati dalam menuangkan teh hangat ke dalam gelas yang berisi adukan telur, susu dan gula pasir.

Saat menuangkan teh hangat perlu ada penyaring yang berukuran kecil di bagian tengah gelas. Setetes demi setetes air teh hangat dimasukan ke dalam gelas, hingga buih telur kuning dan buih susu putih naik mengambang di atas bibir gelas.

"Kalau terlalu buru-buru memasukan air tehnya, maka untuk membuat variasi empat tingkatnya akan gagal. Jadi caranya, harus secara perlahan saja," ujarnya.

Teh talua balenggek pun siap untuk disajikan. Anda bisa menyerumputnya di bawah pohon kayu yang rindang dan indahnya pantai.
Share this Article

0 Comments :

Copyright © 2019-2020 MakanLamak.com | Sumber Referensi Kuliner Minangkabau - All Rights Reserved
Design by Ginastel.com