Cemilan Tradisional Pembuka Selera, Pinyaram Minang

Thursday, March 12, 2020 : 11:29

0 Comments

Kue penyaram khas Minangkabau
Kue pinyaram khas Minangkabau. Foto: ayomasak.id

MakanLamak.com - Pinyaram merupakan makanan yang berasal dari Sumatra Barat, biasanya makanan ini dibuat saat hari lebaran atau hari-hari penting lainnya. Namun karena perkembangan jaman, makanan pinyaram tak jarang juga dibuat dihari biasa atau menjadi jajanan khas sebuah warung.

Pinyaram terbuat dari beberapa bahan penting, yakni tepung beras, gula, santan. Variannya pun ada beberapa, yaitu pinyaram hitam dan pinyaram putih.

Baca Juga: 4 Rasa Manis Menyatu jadi Cita Rasa yang Dikenal Bubur Kampiun

Pesisir Selatan adalah salah satu kabupaten di Sumatra Barat, selain tempat wisata yang berada diurutan teratas di Sumatra Barat, Pesisir Selatan juga memiliki makanan khas yang biasa dijual di toko atau warung kecil.

Nah, salah satunya adalah Pinyaram. Ada beberapa titik penjual Pinyaram di Pessel, salah satunya adalah berlokasi di Pertamina Taratak Lansano, kalau wisatawan menuju arah selatan, maka bisa nemuinya di salah satu SPBU tersebut.

Jarak tempuhnya dari ibu kota Pessel, Painan, hanya memakan waktu setengah jam. Kalau dari Padang dan hendak menuju Bengkulu atau Sungaipenuh, bisa menempuh jarak sekitar 3 jam kurang lebih. Namun kalau ingin lebih dekat, Barangkali Pinyaram bisa ditemui warung-warung dekat kawasan wisata yang ada di Pessel, misalnya; Pantai Cerocok, Kawasan Mandeh, dan lainnya.

Baca Juga: Kerupuk Kuah Rasa Pedas di Lembah Harau

Makanan Pinyaram berbentuk bundar dan ditengahnya agak menonjol, dan dibagian tepinya memiliki tekstur tipis seperti bentuk ufo. Pinyaram di Pessel identik dengan kriyuk bagian tepinya dan empuk di bagian tengah. Pinyaram dibuat pun identik dengan minyak yang sedikit berlebih dipermukaan makanan itu.

Sebagian masyarakat percaya, itu adalah salah satu pembeda pinyaram buatan Pesisir Selatan dengan buatan daerah lain. Di berbagai perlombaan, pinyaram bakalan menjadi salah satu pilihan peserta untuk menampilkan makanan khas daerahnya, terutama kalau sudah berskala propinsi. (Arif P Putra)
Share this Article

0 Comments :

Copyright © 2019-2020 MakanLamak.com | Sumber Referensi Kuliner Minangkabau - All Rights Reserved
Design by Ginastel.com